Mulut bisa merubah seseorang

Mulutmu harimaumu, adalah sebuah ungkapan yang berarti, “Segala perkataan yang diucapkan apabila tidak dipikirkan dahulu dapat merugikan diri sendiri.” Tetapi apakah memang mulut mempunyai daya yang hebat sehingga bisa merubah seseorang ? Dalam hal ini saya berpendapat bahwa sertiap ucapan seseorang bisa merubah sikap orang disekitarnya. Mulut adalah BISA. BISA merubah orang disekitar kita menjadi bersahabat, atau BISA merubah orang disekitar kita menjadi musuh. Menurut saya, sebenarnya bukannya mulut yang berbicara, tetapi pikiran dan perasaan.

Ketika seseorang mengucapkan sesuatu itu adalah ungkapan hatinya. Karena sebenarnya Hatilah yang berbicara. Kalau boleh saya ungkapkan dalam bahasa Jawa seperti ini, “Sak bener e seng ngomong kuwi dudu lathi, tapi ati.” Yang artinya adalah, “Sebenarnya yang berbicara itu bukanlah Mulut, tetapi Hati. “Jadi kala hati kita bersih, maka yang kita ucapkan akan membawa kesejukan disekitarnya, tetapi sebaliknya katika Hati sedang bermasalah, maka apa yang kita ucapkan akan menyebabkan masalah bagi orang disekitar kita, dan bahkan akan menjadikan masalah bagi kita sendiri.” Jadi kalau peribahasa “Mulutmu adalah harimaumu” tetap digunakan dalam hal ini.

Saya pernah membaca disuatu web yang mecuplik ungkapan Steven Agustinus menjelaskan bahwa untuk kamu bisa terus memastikan memiliki kehidupan yang baik dan terhindar dari kebiasaan negatif yang ada disekitarmu adalah dengan cara : “Latih serta Disiplin Untuk Dirimu Selalu Berkata-kata yang Positif dan Membangun dirimu ataupun Orang Lain.” Dari sini jelas sekali seperti yang telah saya ungkapkan diatas, bahwa ucapan seseorang yang keluar mulut merupakan ungkapan hati. Jadi untuk melatih diri dan membiasakan berkata-kata Positif harus dengan melatih diri menahan hal yang negatif, tentunya dengan berfikir yang Positif.