Orang-orang ini sukses tanpa menyandang Gelar Sarjana

Pada umumnya setiap orang berlomba-lomba untuk mengejar pendidikan tinggi untuk meraih kesuksesan yang tinggi tetapi ternyata ada orang Indonesia yang sukses tanpa ijazah. Belajar tidak hanya dilakukan dibangku sekolah formal saja tetapi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Berikut daftar 13 orang Indonesia yang sukses tanpa ijazah sarjana dan bahkan telah mampu membuka lapangan kerja bagi lulusan sarjana:

1. Andi F. Noya

Andi F. Noya merupakan lulusan sekolah teknik Jayapura tetapi lebih menyukai dunia tulis menulis dan karikatur sehingga dia mendedikasikan hidupnya kedalam dunia itu. Sekarang dia menjadi duta baca Indonesia dan bekerja sebagai pimpinan redaksi Metro TV meskipun tidak mengantongi ijazah sarjana.

 

2. Adam Malik

Adam Malik adalah mantan menteri luar negeri pada zaman pemerintahan presiden Soeharto yang tidak mempunyai ijazah sarjana. Dia menempuh pendidikan di Bukittinggi tetapi tidak selesai karena harus pulang kekampung untuk membantu orang tuanya.

 

3. M. H. Ainun Najib

M. H. Ainun Najib merupakan seorang tokoh yang sangat terkenal dalam perlawanannya dengan pemerintah. Dia pernah mengenyam pendidikan tinggi di UGM tetapi berhenti pada semester ketiga karena aksi demonya melawan pemerintah.

 

4. Abdullah Gymnastiar

Abdullah Gymnastiar merupakan tokoh agama yang sangat terkenal karena dakwahnya dan kasus poligami yang dilakukannya. Selain menjadi tokoh agama, dia juga menjadi wirausaha sukses dan mampu membuka banyak usaha yang menyerap banyak tenaga kerja.

 

5. Ajip Rosidi

Ajip Rosidi merupakan seorang dosen luar biasa di Universitas Padjajaran dan bahkan telah menjadi guru besar tamu di Jepang. Dia menolak mengikuti ujian akhir sekolah dan menekuni hobinya menulis sehingga dapat menghasilkan banyak buku.

 

6. Bob Sadino

Bisakah menjadi orang sukses tanpa ijazah? tentu saja bisa contohnya Bob Sadino. Dia menolak untuk kuliah dan malah menghabiskan banyak harta warisan keluarganya untuk keliling dunia kemudian bekerja di Belanda selama 9 tahun. Setelah berhasil di Belanda dia kembali ke Indonesia dan mulai untuk berwirausaha.

 

7. Andrie Wongso

Andrie Wongso merupakan pengusaha sukses asal Malang dan sekarang dia juga berprofesi sebagai motivator. Pengusaha ini tidak tamat pendidikan sekolah dasar karena sekolah tempatnya belajar ditutup. Dia terlahir dari keluarga miskin sehingga harus membantu keluarganya untuk berjualan kue ke pasar dan toko-toko.

 

8. Purdi E. Chandra

Purdi E. Chandra merupakan pengusaha pemilik bimbingan belajar Primagama. Dia pernah mengenyam pendidikan tinggi di UGM dan IKIP Yogya dengan 4 jurusan berbeda tetapi tidak tamat sehingga tidak mengantongi ijazah sarjana.

 

9. Hendy Setiono

Kisah orang sukses di Indonesia selanjutnya adalah Hendy Setiono yang merupakan seorang pengusaha kebab yang telah memiliki 140 outlet yang tersebar diseluruh Indonesia. Dia mengawali usahanya pada tahun 2003 dengan sebuah gerobak bermodal 10 juta rupiah.

 

10. Buya Hamka

Buya Hamka adalah seorang tokoh agama, aktivis politik, dan penulis yang sangat terkenal di Indonesia. Dia mendapat pendidikan formal hanya di sekolah dasar saja kemudian melanjutkan untuk mendalami ilmu agama.

 

11. Basrizal Koto

Basrizal Koto adalah pengusaha sukses asal kampong Ladang dan tidak tamat pendidikan sekolah dasar, namun sekarang dia memiliki 15 usaha besar di Riau.

 

12. Liem Sioe Liong

Liem Sioe Liong adalah pengusaha sukses yang telah memiliki 40 perusahaan di Indonesia, salah satunya adalah Indosiar dan BCA.

 

13. Soeharto

Soeharto merupakan salah satu presiden Indonesia yang menjabat paling lama diantara presiden lainnya. Dia mengenyam pendidikan terakhir hanya sampai pendidikan menengah pertama yaitu sekolah HBS pada zaman Belanda.

 

Semoga bisa menjadi Inspirasi.

 

Itulah daftar orang Indonesia yang sukses tanpa ijazah dan bahkan telah banyak membuka lapangan kerja dan menjadi inspirasi bagi banyak orang.